Kamis, 16 Juni 2011

Ilmu Huruf

Kaidah Abjadiyyah

Untuk mempelajari huruf hijaiyah tentu kita haru

s mengetahui terlebih dahulu huruf-hurufnya. Huruf hijaiyah terbagi menjadi 28 makhraj (pengucapan huruf). Jika selama ini kita mengenal susunan huruf Arab dari ALIF sampai YA (A-Ba-Ta-Tsa), itu adalah urutan huruf Arab yang disus

un dan dikelompokkan menurut kemiripan bentukny

a. Namun sebenarnya urutan huruf Arab yang sesungguhnya adalah dari ALIF sampai

GHAIN (A-Ba-Ja-Dun atau disingkat ABJAD)

Perhatikan susunan huruf hijaiyah dibawah ini.



Dalam ilmu hikmah yang akan kita pelajari, tentu saja

uru

tan huruf Hijaiyah yang dipakai adalah Susunan Abjad

at

au disebut juga dengan istilah Ka

idah Abjadiyyah. Dimana dalam kaidah Abjadiyyah

i

ni, setiap huruf memiliki nilai numerik (angka).

Apa itu nilai numerik?

Angka yang kita kenal sekarang yaitu angka 1, 2, 3 d

an seterusnya sebenarnya dikenal belum lama oleh m

a

nusia. Sebelum ada angka-angka tersebut (1,2,3

dst) orang melakukan penghitungan berdasarkan sim

bol atau karakter yang merepresentasikan sebuah an

gka.

Pada awalnya dijumpai angka-angka yang diucapkan d

an angka-angka yang disimbolkan dengan jari tangan (diindikasikan oleh posisi tangan dan jari-

jari). Bahkan sampai sekarang masih ada sego

longan suku di Indonesia yang masih menggunakan m

etode ini, misalnya cara jual beli sapi di Ma

dura.

Selanjutnya untuk pencatatan secara permanen d

an

penghitungan diperlukan apa yang disebut sebagai “N

U

MERAL” yang merupakan sebuah simbol atau karakt

er yan

g digunakan untuk mewakili sebuah bilangan. Misalny

a, d

alam sistim Romawi angka “SATU” disimbolkan (ditulis)

dengan huruf “I”. Angka “LIMA” disimbolkan “V”, Se

puluh=X, Limapuluh=L, Seratus=C, Limaratus=D, dan Se

r

ibu=M. Bila kita menemukan tulisan Romawi misalnya “

MCMLXXV” itu maksudnya adalah angka “1975”.

Jadi Nilai numerik adalah nilai yang melekat pad

a huruf-huruf atau simbol. Nilai numerik dari setiap

huruf Arab dapat dilihat pad

a t able di bawah.

Jika kita memperhatikan sistem angka tersebut.

  • Angka-angka itu adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9

    .

  • Maka kita perlu mengulang angka-angka itu lagi

    untuk menjadi 10 (puluhan), 100 (ratusan), 1000

    (ribuan

    ).

  • Misalnya, untuk membuat angka 10, kita memilih 1

    dan 0 dari deretan digit tunggal (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7,

    8, 9).
  • Sehingga, angka 9 adalah angka digit tunggal terakh

    ir.
  • Sistem per-angka-an normal adalah tak terba

    tas. Kita seringkali menyebut angka ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, dan seterusnya. Namun

    tidak terdapat “satu angka besar ” yang dapat disebut sebagai angka terakhir yang setelah itu tidak ada lagi angka lain.

  • Dari sinilah angka 9 digunakan sebagai digit terakh

    ir, tanpa ulangan.

Kaidah Abjad dan nilai numerik ini dipergunakan untuk mengh

itung nilai suatu nama, Asma Allah dan ayat-ayat Al-Quran. Misalnya dalam baca

an wirid-wirid Asmaul Husnah kita sering menem

ui jumlah angka wiridnya.

Contoh: Asma Allah “AL KHOBIR” dibaca “Yaa KHOBIR” sebanyak 812 kali. “AL LATHIIF” dibaca “Ya Lathiif” sebanyak 129 kali, Kali

mat Basmalah dibaca 786 kali dan sebagainya.

Angka-angka tersebut didapat dengan cara dihitung (hisab) dengan kaidah Abjadiyyah. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menghitung (Hisab) Huruf Asma Al Husn

a dan Ayat-ayat Suci

Misalnya: Asma AL KHOBIR :


Kata Asma AL KHOBIR dipisahkan perhuruf, yait

u: alif – lam – kho – ba – ya – ro.

Huruf alif dan lam pada AL tidak dihitung, jadi yan

g dihitung kata dasarnya (KHOBIR = KHO – BA – YA

– RO).

Dari tabel Nilai Numerik Huruf Arab (Abjad) didapatkan:

kho nilainya = 600

ba nilainya = 2

ya nilainya = 10

ro nilainya = 200 +
Jumlahnya = 812

Contoh 2 : Asma AL LATHIIF :

Contoh Lain: Bismillahirrohmanirrohim :


Inilah rahasia bacaan Bismillahirrohmanirrohim secara masyhur dibaca 786 kali. Para ulama terdahulu menghitungnya berdasarkan Kaidah Abjadiyyah ini.

Demikianlah salah satu kegunaan dari Ilmu Huruf Kaidah Abjadiyah ini, dan tentu saja dalam ilmu hikmah, kaidah ini masih banyak aplikasi pemakaiannya, misalnya sebagai dasar ilmu menulis wafaq (rajah).

—oOo—



Tidak ada komentar:

Posting Komentar